Buat web forum gratis Sayalagi menggunakan sistem mesin web forum yang sama persis digunakan di IDSosial, Mybb, ForumToko, VideoAnda, dan web forum sejenis. Artinya, semua plugin gratis yang disediakan di situs ini, dapat digunakan pada semua layanan buat web forum gratis tersebut.

Tempat untuk memasang script plugin disediakan di 4 kolom (HTML Header, HTML Footer, Form of Reply, dan Pages). Anda bisa memasang script sesuai panduan yang diberikan pada halaman topik plugin yang dimaksud.

Sebelum anda menambah atau memasang script plugin tertentu di web forum gratis SL yang telah anda buat, sebaiknya ada memahami fungsi dari plugin tersebut dan dimana sebaiknya anda meletakkan kode script plugin.

Kolom Form of Reply
Dapat digunakan untuk memasang script plugin yang menambahkan fungsi baru khusus di area pembuat postingan topik, seperti plugin emoticon, pllugin wysiwyg, dll. Umumnya fungsi plugin hanya dapat dilihat pada halaman postingan topik oleh pengguna yang login di forum. Namun fungsi plugin dapat dilihat oleh pengguna tidak login, apabila anda mengatur tamu dapat memberikan komentar (reply) atau membuat postingan topik baru.

Kolom HTML Header
Dapat digunakan untuk memasang script plugin yang menambahkan fungsi baru pada bagian atas halaman, homepage, halaman daftar urutan kategori forum.

Kolom HTML Footer
Dapat digunakan untuk memasang script plugin yang menambahkan fungsi baru pada halaman postingan topik, bagian bawa postingan, merubah avatar, dll Seperti plugin counters, plugin buttons, plugin untuk widget iklan banner, plugin data profil, dll

Kolom Konten Pages
Tidak semua plugin dapat berfungsi di kolom konten pages ini, namun jika script plugin yang anda pasang bisa berfungsi, maka fungsi plugin hanya berefek di halaman yang dibuat saja. Seperti plugin widget iklan banner, plugin gambar, dll

https://i5.imageban.ru/out/2020/03/07/b08241c2530d3471bda49a78d08354b6.png

Pertentangan Antara Script Plugin
Jika anda memasang script plugin baru, maka beberapa kemungkinan bisa terjadi, seperti plugin lainnya tidak berfungsi, atau plugin yang baru anda pasang tidak berfungsi.

Solusi Mengatasi Pertentangan Antara Plugin
➭Pindahkan posisi script plugin yang tidak berfungsi (jika semula script berada di bagian bawah, maka pindahkah ke bagian atas, atau ke tengah-tengah. Begitu juga sebaliknya, dan Lihat hasilnya.
➭Pindahkah posisi script plugin lain yang berada di atas plugin yang tidak berfungsi, ke bagian paling di bawahnya. Lihat hasilnya.
➭Hapus script plugin yang memiliki file yang besar dan tidak anda butuhkan. Lihat hasilnya.